Friday, October 7, 2016

#SIP - Pengertian Informasi dan Sistem Informasi Psikologi

a.       Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yang diartikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan untuk memudahkan aliran informasi. Sistem juga merupakan kesatuan dari bagian-bagian dalam suatu wilayah yang memiliki keterkaitan atau hubungan satu sama lainnya, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara di mana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Ada berbagai tipe sistem berdasarkan kategori:
1)    Atas dasar keterbukaan:
a)    Sistem terbuka, di mana pihak luar dapat mempengaruhinya.
b)    Sistem tertutup.
2)    Atas dasar komponen:
c)    Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi.
d)   Sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide.
b.       Informasi
Kata informasi berasal dari bahasa Latin yang diambil dari kata Perancis kuno pada tahun 1387 yaitu, Informacion yang berarti garis besar, konsep, ide. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Menurut Notoatmodjo, semakin banyak informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya menimbulkan perilaku yang sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

c.       Sistem Informasi (SI)
1)      Pengertian
Menurut Alter (Kadir, 2003), sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, individu, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisisasi. Sedangkan menurut Wilkinson (Kadir, 2003), sistem informasi merupakan kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia dan komputer) untuk mengubah input menjadi informasi dengan tujuan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Dari kedua pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi merupakan suatu prosedur kerja yang melibatkan sumber daya manusia dan komputer yang dikoordinasikan untuk membuat input atau masukan menjadi sebuah informasi guna mencapai tujuan sebuah organisasi maupun perusahaan.

2)      Komponen Sistem Informasi (SI)
Kadir (2003) mengatakan bahwa dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen, antara lain:
a)    Hardware
Mencakup perangkat fisik misalnya komputer dan printer
b)   Software
Mencakup program yang merupakan sekumpuan instruksi yang digunakan untuk memproses data menggunakan hardware.
c)    Prosedur
Merupakan sekumpulan aturan yang dipakai ntuk mewujudkan pemrosesan data dan hasil output yang diinginkan.
d)   Orang/Individu
Merupakan pihak yang bertanggung jawab atas pengembangan, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi.
e)    Database
Sekumpulan tabel dan hubungan yang berkaitan dengan penyimpanan data.
f)    Jaringan komputer dan komunikasi data
Sistem penghubung yang memungkinkan sumber dapat digunakan secara bersamaan.
Namun, tidak semua sistem informasi menggunakan seluruh komponen dalam waktu yang bersamaan. Misalnya untuk sistem informasi pribadi hanya melibatkan seorang individu sebagai user dan komputer sebagai perangkatnya.
3)      Fungsi Sistem Informasi
§  Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
§  Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis
§  Mengembangkan proses perencanaan yang efektif
§  Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi
§  Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
§  Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru
§  Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem 
d.      Psikologi
Merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

e.        Sistem Informasi Psikologi (SIP)
Dari pembahasan mengenai Sistem, Informasi, dan Psikologi ini, maka dapat disimpulkan bahwa definisi “Sistem Informasi Psikologi” merupakan suatu sistem yang melibatkan manusia, teknologi, prosedur dan disertai dengan pengendalian yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data yang berkaitan dengan perilaku yang disertai dengan proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk suatu tujuan. Misalnya penggunaan komputer dalam melaksanakan tes psikologi.


Sumber:
o   Kadir, A. (2003). Pengenalan sistem informasi. Yogyakarta: Andi.


No comments:

Post a Comment