Friday, October 7, 2016

#SIP -- ETIKA MENULIS ARTIKEL ONLINE

Saat ini kebutuhan akan gadget nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok untuk individu. Di era digital yang semakin maju ini, internet sudah menjadi konsumsi sehari-hari individu dalam menjalani aktivitasnya. Disamping kegunaannya sebagai alat komunikasi, gadget-gadget  yang ada saat ini juga berfungsi untuk memberi dan mendapatkan informasi-informasi secara real time dan up to date. Namun, sebagai negara yang memiliki sistem kebebasan dalam menulis ataupun menyampaikan pendapat, jangan lupa untuk tetap menjaga etika dalam menulis. Berikut ada beberapa etika dan tata cara dalam penulisan artikel secara online yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Etika dalam menulis di dunia maya atau internet tergolong pada 3 bagian menurut Prof. DR. Nina W. Syam, M. S, yaitu:

A.    Deskriptif
Cara melukiskan tingkah laku dalam arti luas adalah bersifat netral dan hanya memaparkan moralitas yang terdapat pada individu, kebudayaan, atau subkultur tertentu. Cara melukiskan tingkah laku dalam arti luas adalah bersifat netral dan hanya memaparkan moralitas yang terdapat pada individu, kebudayaan, atau subkultur tertentu.

B.     Etika Normatif
Mendasarkan pada norma, mempersoalkan apakah norma bisa diterima seseorang/masyarakat secara kritis, menyangkut apakah suatu itu benar atau tidak. Terbagi menjadi 2 macam: Umum dan Khusus
a.       Umum: menekankan pada tema – tema umum seperti mengapa norma mengikat? Bagaimana hubungannya antara tanggung jawab dan kebebasan? dll.
b.      Khusus: upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip etika umum kedalam perilaku manusia.

C.    Metaetika
Menganalisis logika perbuatan dalam kaitannya dengan “Baik” atau “Buruk”.


Dan beberapa tata cara menulis artikel secara online, antara lain:

A.    Tampilan karya menarik dan tidak terlalu kaku.
     Penulisan artikel secara online (penulisan blog, ataupun web yang menyuguhkan artikel-artikel mengenai lifestyle, hobi dsb) memiliki isi yang berbeda-beda karena ditulis oleh orang yang berbeda. Pada dasarnya, penulisan artikel berasal dari ide individu itu sendiri yang memiliki kemungkinan ide-ide tersebut juga bisa didapatkan dari lingkungan sekitarnya. Semakin menarik dan isi artikel yang mudah dipahami, maka akan semakin banyak orang yang akan membaca. Apalagi saat ini beberapa artikel telah dilengkapi dengan easy access yang dapat membagikan link artikel tersebut ke banyak sosial media.

B.     Tidak mengandung SARA
Hal yang paling harus diperhatikan dalam penulisan artikel. SARA merupakan hal yang paling sensitif dan menimbulkan dampak kurang baik apabila menjadi pembahasan dalam sebuah penulisan atau artikel online dengan sifatnya yang cepat dan mudah tersebar.

C.    Mencantumkan sumber untuk tulisan yang berasal dari orang lain dan dimuat dalam artikel ataupun penulisan anda
Setiap tulisan memiliki hak ciptanya masing-masing, jadi apabila anda sebagai penulis yang mengutip tanpa memasukan sumbernya, anda dapat dikategorikan sebagai plagiat, atau penjiplak. Selain itu, suatu tulisan yang mencantumkan sumber-sumber atau referensi dari penulisannya menandakan bahwa tulisan yang dibuat dapat dibuktikan kebenarannya dan akan meningkatkan kepercayaan pembacanya.

D.    Mudah di mengerti
Usahakan bahasa dalam penulisan yang anda buat mudah dimengerti oleh orang lain. Sesuaikan pula dengan target pembaca anda. Apabila artikel yang anda buat ditujukan kepada anak-anak atau remaja, gunakanlah bahasa yang simple dan menarik. Begitupun apabila target anda adalah orang dewasa, gunakan bahasa yang formal namun jangan berbelit-belit sehingga tidak mengurangi daya tarik tulisan anda.

E.     Tidak merugikan pihak manapun
Dalam sebuah penulisan artikel, tidak diperkenankan untuk menghina ataupun mencoreng nama baik orang lain, instansi, maupun produk. Karena tindakan tersebut akan merugikan diri anda sendiri yang akan dikenakan sanksi apabila pihak yang bersangkutan tidak terima. Bukan hanya sanksi berupa teguran, namun sanksi berupa tindak pidana juga memungkinkan untuk diberikan. Berkaryalah dengan tetap menjaga nama baik orang lain, nama instansi, maupun produk.
F.      Menggunakan tata bahasa yang sopan, baik dan benar
Kemajuan zaman saat ini juga mempengaruhi individu dalam berbahasa. Penggunaan bahasa yang sopan sudah hampir jarang digunakan karena individu (terutama anak muda) pada saat ini sudah terlalu sering menggunakan bahasa–bahasa gaul ataupun bahasa yang dipersingkat. Kesopanan dalam berbahasa juga diperlukan untuk meningkatkan mutu tulisan yang dibuat. 

G.    Menggunakan kata kunci (keyword)
Penggunaan kata kunci (keyword) akan mempermudah orang lain dalam mencari tulisan anda yang akan mereka gunakan misalnya sebagai referensi penulisan mereka. Keyword sekaligus menjadi acuan untuk penulisan anda agar tidak melenceng dari tema penulisannya.
H.    Tulisan berisi kondisi yang sebenarnya
Artikel atau penulisan apapun harus ditulis berdasarkan kondisi nyata dari kejadian yang menjadi acuan penulisan anda. Tidak boleh melakukan penambahan maupun pengurangan dari kejadian atau keadaan aslinya. Kejujuran penulis menentukan tingkat kepecayaan pembacanya.

I.       Tambah daya tarik penulisan anda dengan menyisipkan konten gambar yang terkait dengan tema penulisan anda
Penambahan konten foto atau gambar dapat menambah daya tarik serta memberikan gambaran mengenai apa yang anda bahas. Menyisipkan konten foto atau gambar yang didapat melalui media online bisa dilakukan dengan beberapa cara agar tidak melanggar hak cipta yang ada, antara lain:
1.      Gunakan gambar dengan domain publik.
2.   Apabila anda menemukan konten yang anda suka, (jika memungkinkan) anda bisa meminta izin kepada pemilik konten untuk menggunakannya kembali.
3.      Tuliskan sumber primer dari konten yang anda gunakan.



Sumber:



No comments:

Post a Comment