Wednesday, November 26, 2014

Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

CSCW (Computer Supported Cooperative Work) adalah penggunaan komputer dan software untuk melaksanakan pekerjaan secara bersama. CSCW merupakan suatu group user, yaitu bagaimana cara merancang suatu system yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai suatu group dan kemudian memahami pengaruh dari teknologi yang ada terhadap pekerjaan mereka.
(Sumber: http://xiaolichen14.wordpress.com/2012/11/02/cscw-computer-supported-cooperative-work/)

Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial.
(Sumber: id.wikipedia.org)

Tujuan pengadaan CSCW sendiri meliputi:
   Mempelajari bagaimana orang bekerja sama sebagai kelompok dan apa yang mempengaruhi teknologi.
   Mendukung proses pelaksanaan pekerjaan walaupun secara geografis dipisahkan.

CSCW berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar-manusia dalam sekelompok pengguna/user.
Misalnya:

  • Komunikasi face-to-face

           Meliputi bahasa tubuh dan kontak/tatapan mata.

  • Percakapan
            Dalam CSCW, Teori Percakapan memiliki 3 fungsi:
                 - Menganalisa catatan
                 - Petunjuk untuk keputusan desain
                 - mengarahkan desain, menstrukturkan sistem dengan teori

  • Komunikasi berbasis teks
            Terdapat 4 tipe komunikasi berbasis teks, yaitu:
              • discrete: pesan langsung seperti dalam email
              • linear: pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal
              • non-linear: saat pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext
              • spatial: dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi

  • Kerja Kelompok
         Perilaku kelompok lebih kompleks terutama apabila kita memperhatikan hubungan sosial yang dinamis selama bekerja dalam kelompok.

Salah satu contoh pemanfaatan CSCW:

Group Video Calling with SKYPE


(Sumber: Youtube)


No comments:

Post a Comment